Haruskah Warga Lansia Membeli Asuransi Jiwa?

Untuk memastikan keamanan finansial seorang individu bahkan setelah pensiun, ada berbagai jenis produk asuransi jiwa yang tersedia di pasar seperti rencana asuransi jiwa seumur hidup, rencana pensiun, dll. mari baca lebih lanjut untuk mengetahui mengapa asuransi jiwa untuk warga lanjut usia adalah harus dimiliki.

Mengapa Lansia Membutuhkan Asuransi Jiwa?

Ada berbagai alasan mengapa orang lanjut usia membutuhkan rencana asuransi jiwa. Namun, salah satu alasan utamanya adalah polis asuransi jiwa berfungsi sebagai pengganti pendapatan keluarga. Setelah pensiun, pendapatan rutin seseorang berhenti. Selain itu, dalam kasus kematian anggota senior keluarga, beban keuangan jatuh pada anak-anak. Jadi, untuk menghadapi segala jenis krisis keuangan yang mungkin timbul karena segala kemungkinan, sangat penting untuk memiliki rencana asuransi jiwa. Polis asuransi jiwa tidak hanya memberikan perlindungan menyeluruh kepada keluarga tertanggung tetapi juga mengurus kebutuhan keuangan keluarga di masa depan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa warga lanjut usia membutuhkan asuransi jiwa:

Anak-Anak Yang Bergantung Secara Finansial

Saat ini, sangat umum untuk menikah di usia 30-an dan memiliki anak di akhir usia 30-an atau setelah itu. Ini berarti bahwa pada saat seseorang pensiun, anak mereka akan bergantung secara finansial pada mereka. Mereka kemungkinan besar akan melanjutkan studi yang lebih tinggi atau memulai karir mereka. Dengan rencana asuransi jiwa untuk warga lanjut usia, seseorang dapat terus melindungi anak mereka secara finansial bahkan setelah pensiun.

See Also:  Seberapa Penting Asuransi Jiwa Berjangka?

Menurunnya Angka Harapan Hidup

Dibandingkan dengan sebelumnya, harapan hidup orang telah menurun secara signifikan. Saat ini, penyakit gaya hidup sangat umum di kalangan individu muda. Karena budaya kerja yang sibuk dan mengikuti gaya hidup yang tidak sehat, orang sering menderita penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit paru-paru, dll. Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk membuat bantalan keuangan dalam jangka panjang dan cara terbaik. untuk melakukan ini adalah memiliki polis asuransi jiwa. Polis asuransi jiwa tidak hanya memberikan pertanggungan asuransi kepada keluarga tertanggung jika terjadi sesuatu, tetapi juga mengurus kewajiban mereka di masa depan.

Merawat Pasangan

Ketika seorang individu membeli polis asuransi jiwa untuk warga lanjut usia di atas 70 tahun, maka mereka mendapatkan pertanggungan langsung. Ini berarti bahwa jika pemegang polis meninggal dalam beberapa tahun setelah membeli polis, maka jumlah uang pertanggungan dibayarkan kepada pasangan atau calon polis. Hal ini membantunya untuk memenuhi kebutuhan finansial kehidupan sehari-hari.

Seorang individu, 60 tahun atau lebih dapat memilih untuk program pensiun segera, di mana manfaat dibayarkan segera sebagai pendapatan uang biasa setelah pembayaran premi lump-sum.

Tinggalkan Warisan

Jika warga senior membeli polis asuransi jiwa maka mereka dapat meninggalkan warisan untuk anak atau cucu mereka. Bantalan keuangan ini dapat digunakan untuk memenuhi tujuan hidup jangka panjang atau jangka pendek.

See Also:  Membeli Asuransi Jiwa Untuk Menjamin Keluarga Anda

Manfaat Polis Asuransi Jiwa Lansia

Seiring dengan memberikan keamanan finansial kepada individu, ada banyak manfaat lain yang ditawarkan oleh polis asuransi jiwa untuk warga lanjut usia. Mari kita lihat manfaat ini:

Jaga kewajiban keuangan masa depan setelah pensiun. Sehingga seseorang dapat menjalani kehidupan pensiun mereka tanpa stres

  • Buat dana darurat dalam jangka panjang untuk menghadapi keadaan darurat setelah pensiun
  • Membantu mengurus biaya pengobatan di hari tua
  • Membantu menghemat pajak
  • Mengurangi beban keuangan
  • Membantu memenuhi tujuan keuangan jangka panjang kehidupan.

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk membeli polis asuransi jiwa di usia muda. Namun, jika Anda belum membelinya, tidak ada kata terlambat untuk memilikinya. Pastikan untuk menganalisis tujuan keuangan jangka panjang dan sumber daya untuk mencapainya sambil memusatkan perhatian pada sebuah rencana.