Apa itu Adjuster Asuransi? Jenis & Cara Kerjanya

Adjuster asuransi adalah orang yang menyelesaikan klaim asuransi. Individu tersebut menyelidiki kerugian dan menentukan jumlah kerugian, klaim, atau kerusakan yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada Anda. Perusahaan asuransi dapat mempekerjakan adjuster independen dari biro penyesuaian independen atau mengandalkan adjuster sendiri (staff adjuster).

Konsumen juga dapat menyewa pengatur asuransi publik, yang biasanya dilisensikan oleh divisi asuransi negara bagian Anda. Penyesuaian asuransi publik tidak terikat dengan operator asuransi tertentu dan mereka membebankan biaya untuk layanan mereka, seperti hingga 10% dari pembayaran akhir dari perusahaan asuransi Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang apa itu adjuster asuransi, cara kerjanya, dan jenis adjuster asuransi yang tersedia.

Pengertian dan Contoh Penilai Asuransi

Adjuster asuransi memeriksa kerusakan properti atau menyelidiki klaim cedera pribadi untuk menentukan berapa banyak perusahaan asuransi harus membayar Anda untuk kerugian tersebut. Adjuster bertugas untuk menetapkan keadaan yang menyebabkan kerugian, termasuk bagaimana, kapan, di mana, dan mengapa.

Katakanlah cabang dari pohon di halaman tetangga Anda jatuh ke properti Anda, merusak atap dan pagar Anda pada saat yang bersamaan. Siapa yang akan membayar? Berapa banyak? Di sinilah penyesuai asuransi masuk.

Adjuster asuransi akan mengunjungi properti Anda, mendokumentasikan kerusakan dan pemandangan dengan foto, menilai jumlah kerusakan, berbicara dengan tetangga Anda dan diri Anda sendiri, dan mewawancarai saksi mana pun. Mereka juga dapat berkonsultasi dengan perusahaan atap dan pagar. Setelah menyelesaikan penyelidikan, mereka akan menulis laporan yang merekomendasikan berapa banyak perusahaan asuransi Anda harus membayar kerugian atau kerusakan.

See Also:  Cara Mendapatkan Broker Asuransi Komersial

Cara Kerja Adjuster Asuransi

Dalam asuransi properti, adjuster memeriksa kerusakan fisik, keadaan yang menyebabkan kerusakan, dan apa yang diperlukan untuk memperbaikinya. Dalam asuransi kewajiban, adjuster mengoordinasikan pembelaan pemegang polis dan membantu dalam menyelesaikan negosiasi.

Tanggung jawab lain yang dibawa oleh adjuster asuransi meliputi:

  • Meneliti, merinci, dan memverifikasi kerusakan bangunan dan isinya serta biaya tambahan yang dikeluarkan oleh pemegang polis
  • Mengevaluasi kerugian gangguan bisnis dan klaim biaya tambahan untuk bisnis
  • Menentukan nilai untuk menyelesaikan klaim yang ditanggung
  • Mempersiapkan, mendokumentasikan, dan mendukung klaim

Untuk menetapkan nilai dan nilai klaim secara akurat, penyesuai asuransi akan mulai dengan memeriksa properti seperti rumah, bisnis, atau mobil untuk menentukan tingkat kerusakan dan biaya keseluruhan untuk memperbaiki properti. Mereka juga dapat mewawancarai penggugat dan saksi dan melakukan penelitian tambahan, katakanlah, dengan meninjau laporan polisi.

Adjuster harus mengumpulkan informasi untuk menyelidiki klaim dan apakah klaim harus dibayar. Ini mungkin termasuk foto dan pernyataan yang ditulis atau direkam pada audio atau video.

Dengan semua informasi ini, adjuster menyusun laporan yang menjelaskan insiden dan rekomendasi untuk pembayaran klaim. Adjuster menyerahkan laporan untuk diperiksa oleh pemeriksa klaim perusahaan asuransi. Ketika klaim disetujui, adjuster asuransi bernegosiasi dengan pemegang polis dan menyelesaikan klaim.

Jika pemegang polis menentang hasil klaim atau penyelesaian, penilai bekerja dengan saksi ahli dan pengacara untuk menegakkan putusan perusahaan asuransi.

See Also:  10 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Anuitas Ditangguhkan Tetap

Jenis-Jenis Adjuster Asuransi

Adjuster Asuransi Umum

Penyesuaian asuransi publik dilisensikan oleh divisi asuransi negara bagian Anda untuk membuat kontrak dengan dan mewakili tertanggung yang telah menderita kerugian yang ditanggung. Adjuster bekerja untuk dan dibayar oleh pemegang polis, biasanya persentase dari penyelesaian klaim akhir. Adjuster publik mewakili pemegang polis dalam berurusan dengan perusahaan asuransi dan membuat keputusan mengenai klaim atas nama pemegang polis.

Biaya layanan penyesuai publik dapat dinegosiasikan dan jumlah atau persentasenya tidak diatur oleh undang-undang.

Ingat, perusahaan asuransi mungkin atau mungkin tidak setuju dengan perkiraan penyesuai publik atas kerusakan Anda. Itu juga tidak memiliki kewajiban untuk menerima kerusakan yang dilaporkan oleh adjuster. Perusahaan asuransi hanya akan menyelesaikan klaim Anda sesuai dengan syarat dan ketentuan polis Anda.

Adjuster Asuransi Independen

Sebuah kontrak adjuster independen dan mewakili perusahaan asuransi, bukan individu, dalam menyelidiki dan menyelesaikan klaim. Adjuster biasanya dari biro penyesuaian independen, sehingga mereka tidak memiliki hubungan dengan perusahaan asuransi.

Dalam kasus lain, perusahaan asuransi dapat bekerja dengan staf pengatur, yang biasanya adalah karyawan yang digaji dari perusahaan asuransi. Staf adjuster berusaha untuk menghemat uang sebanyak mungkin untuk perusahaan asuransi.

Penyesuaian staf tidak memerlukan lisensi dari divisi asuransi negara bagian Anda karena mereka dapat beroperasi di bawah lisensi perusahaan asuransi.