8 Tips Hemat Biaya Rawat Inap dengan Polis Asuransi Kesehatan

Di zaman sekarang ini, ilmu kedokteran telah mencapai kesuksesan yang luar biasa berkat kemajuan teknologi dan penemuan-penemuan baru melalui penelitian. Tapi ketika ini mengalir ke pengguna akhir, yaitu pasien, biaya pengobatan meningkat. Inilah sebabnya mengapa rawat inap di rumah sakit, bahkan untuk luka ringan, berjumlah ribuan.

Tips berikut akan membantu Anda memahami bagaimana polis asuransi kesehatan akan berdampak pada tagihan rumah sakit Anda:

1. Pilih Perusahaan Asuransi yang Menanggung Biaya Pra dan Pasca Rawat Inap

Mengobati keadaan darurat medis tidak hanya tentang rawat inap. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu menjalani tes pra-rawat inap dan perawatan pasca-rawat inap juga. Misalnya, menyelidiki jumlah penyumbatan pada saraf mengharuskan Anda menjalani proses yang disebut Angiografi sebelum dirawat di rumah sakit untuk Angioplasti. Ini adalah proses medis pra-rumah sakit. Beberapa penyakit medis memerlukan perawatan lanjutan setelah operasi, ini termasuk pasca rawat inap. Anda akan menghemat uang untuk perawatan tersebut jika polis asuransi kesehatan Anda menanggungnya.

2. Awasi Kesehatan Anda dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dari Perusahaan Asuransi

Banyak perusahaan asuransi kesehatan menawarkan program kesehatan atau kebugaran sebagai bagian dari rencana asuransi. Ini berguna untuk melacak kondisi kesehatan Anda baru-baru ini dan menemukan pola untuk kemungkinan masalah kesehatan. Program-program tersebut gratis berdasarkan polis tertentu, misalnya polis asuransi Kesehatan Grup Perusahaan. Program-program ini membantu Anda menghindari masalah medis dengan mendeteksinya sejak awal. Ini dapat menghemat uang untuk tagihan rumah sakit dalam jangka panjang.

See Also:  Pilih Asuransi atau Investasi?

3. Pilih Kebijakan yang Juga Mencakup Pengobatan Alternatif

Allopathy adalah cabang kedokteran yang biasanya digunakan orang. Tapi perawatan availing seperti Homoeopati, Ayurveda, dll juga bisa bermanfaat. Ketika Anda memutuskan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit tersebut, polis asuransi kesehatan Anda harus menanggung biayanya. Oleh karena itu, carilah polis yang menawarkan pertanggungan AYUSH yaitu mencakup pengobatan alternatif.

4. Hemat uang Tambahan untuk Sewa Kamar

Sewa kamar adalah salah satu faktor utama dari tagihan rumah sakit yang meningkatkan jumlah akhir. Anda dapat mengurangi biaya ini dengan polis asuransi kesehatan Anda dengan memilih add-on yang disebut Pembebasan Sewa Kamar. Ini akan membantu Anda menghapus atau mengurangi sub-batas sewa kamar, dan Anda dapat menghemat uang untuk tagihan rumah sakit.

5. Pastikan Polis Asuransi Anda Menanggung Biaya Transportasi

Keadaan darurat medis mengharuskan pasien untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat dilakukan dengan menyewa ambulans, tetapi ini meningkatkan pengeluaran Anda secara keseluruhan. Anda perlu memastikan bahwa biaya ambulans tercakup dalam polis asuransi.

6. Pilih Manfaat Tunai Harian

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memiliki uang tunai yang berguna ketika Anda memiliki pasien untuk dirawat. Keuntungan ini diberikan oleh polis asuransi kesehatan yang memiliki manfaat yang disebut Kas Rumah Sakit Harian. Perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang tunai untuk jumlah hari yang telah ditentukan sebelumnya saat pasien dirawat di rumah sakit.

See Also:  Manfaat Pemulihan dalam Asuransi Kesehatan Kelompok

7. Perawatan yang Tersedia di Rumah Sakit Jaringan

Masuk ke rumah sakit yang merupakan bagian dari jaringan perusahaan asuransi akan memungkinkan Anda untuk mengajukan klaim tanpa uang tunai. Ini adalah penghematan terbesar yang bisa Anda dapatkan untuk tagihan rumah sakit. Di bawah klaim cashless, sebagian besar tagihan rumah sakit Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, dan Anda hanya perlu membayar deductible.

8. Terus Perbarui Polis Asuransi Kesehatan Anda

Polis yang tidak aktif tidak akan memberikan manfaat apapun terkait dengan asuransi kesehatan. Anda harus menanggung sendiri semua biaya yang berkaitan dengan keadaan darurat medis.