Dasar-dasar Periklanan Media Cetak untuk Startup Bisnis Kecil

Setiap pemilik bisnis yang ingin sukses perlu memahami bagaimana mengembangkan periklanan media cetaknya secara efektif. Jika Anda baru mengenal media cetak, atau jika Anda ingin tahu tentang kembali ke media cetak, berikut cara menggunakannya di era baru.

Koran

Koran adalah produk media cetak utama, tetapi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana menggunakannya secara efektif. Dibutuhkan sedikit latihan untuk mengumpulkan iklan yang menang karena umur iklan surat kabar sangat singkat.

Surat kabar dapat mencakup publikasi lokal, regional, dan nasional yang menargetkan pembaca yang berbeda atau memiliki pembaca yang luas dalam kasus surat kabar populasi umum.

Hal terbaik tentang jalur cetak ini adalah ada banyak dukungan di luar sana untuk merancang iklan, banyak di antaranya gratis atau berbiaya rendah. Anda juga dapat menjalankan beberapa iklan selama sebulan, yang cenderung mahal dengan jenis cetakan lain, seperti majalah.

Cara terbaik untuk memanfaatkan iklan surat kabar adalah dengan menerbitkan “advertorial”. Ini adalah iklan yang terlihat atau tampak seperti berita atau berita. Dengan menerbitkan konten nyata di surat kabar, Anda mendapatkan pembaca yang termotivasi untuk mendengarkan dan menindaklanjuti apa yang Anda katakan. Jika Anda menggunakan foto, dengan keterangan, Anda benar-benar dapat membuatnya terlihat seperti menyatu dan cocok dengan gaya dan nuansa kertas.

Iklan yang cenderung berkinerja buruk adalah iklan yang terlihat seperti iklan atau iklan di mana tidak ada konten yang menarik, hanya promosi penjualan yang bullish.

Majalah

Majalah adalah media periklanan yang unik karena menawarkan beberapa keuntungan utama dibandingkan surat kabar. Meskipun lebih mahal untuk dijalankan (biasanya), Anda dapat:

  • Gunakan foto berwarna.
  • Targetkan audiens dengan lebih baik.
  • Format artikel Anda lebih seperti cerita daripada iklan.

Hal hebat lainnya tentang majalah adalah umurnya lebih panjang daripada koran. Biasanya, koran hanya bertahan beberapa hari sebelum dibuang ke tempat sampah. Majalah bisa bertahan selama berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun sebelum dibuang.

Kartu Pos

Kartu pos adalah barang cetakan hebat lainnya. Mereka murah dan efektif. Mereka juga bisa dicetak sendiri. Faktanya, ini adalah salah satu dari sedikit jenis media cetak yang tidak memerlukan tinta, kertas, atau distribusi mewah yang mahal.

Anda cukup mencetak kartu pos dasar dan mengirimkannya dengan tarif kartu pos yang didiskon. Kartu pos sangat bagus untuk iklan spesial dan promosi, tetapi juga dapat digunakan untuk mengiklankan apa saja – dari buletin baru hingga laporan khusus yang Anda ingin orang-orang miliki tentang produk baru, whitepaper, atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti posting blog baru.

Baliho dan Poster

Baliho dan poster belum mati. Faktanya, saluran iklan ini adalah pelengkap yang bagus untuk kartu pos (terutama jika Anda memenuhi suatu area), iklan TV, dan iklan radio.

Surat Langsung

Surat langsung masih menjadi nenek moyang media cetak. Ini mungkin bentuk periklanan yang paling efektif jika Anda membutuhkan banyak ruang untuk menceritakan kisah Anda. Surat langsung menjadi mahal selama bertahun-tahun, tetapi tingkat tanggapannya tetap bagus. Dan, begitu Anda menemukan karya pemenang, Anda dapat terus mengirimkannya hampir selamanya.