Cara Terbaik untuk Mengantisipasi Kebutuhan Pelanggan Anda

Terlepas dari jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, Anda tetaplah pelanggan seseorang, jadi luangkan waktu sejenak dan pikirkanlah. Ambil contoh restoran, hotel, apotek, atau toko perangkat keras favorit Anda.

Ada kemungkinan besar Anda dapat menemukan produk atau layanan yang sama di tempat lain, bahkan mungkin dengan harga yang lebih terjangkau. Alasan mengapa Anda terus kembali bukan hanya karena produk sebenarnya, tetapi keseluruhan pengalaman yang Anda terima setiap kali Anda mengunjungi hotel tersebut.

Tentunya, hotel dan stafnya dapat mengantisipasi kebutuhan Anda dan merespons sesuai. Mengantisipasi kebutuhan pelanggan adalah komponen terpenting dalam mengembangkan loyalitas. Jika Anda pergi berlibur dan tinggal di tempat itu, dan itu memenuhi semua harapan Anda dan bahkan melampaui mereka, mengapa Anda tidak kembali lagi lain kali? Di sisi lain, jika Anda merasa pengalaman itu buruk, Anda akan memilih hotel yang berbeda.

Meskipun keseluruhan pengalaman mungkin tampak mulus dan alami, banyak upaya yang telah dilakukan. Staf hotel mungkin telah melampaui ruang lingkup pekerjaan mereka biasanya dan benar-benar meneliti target audiens mereka. Dan ada banyak cara untuk melakukannya. Jika Anda ingin bisnis Anda mengantisipasi kebutuhan audiens target Anda, Anda dapat mengumpulkan data dengan melakukan survei, benar-benar berbicara dengan orang, dan dengan melacak review online, antara lain.

Semua informasi yang telah Anda kumpulkan harus menjadi dasar untuk desain produk atau layanan Anda. Alih-alih melakukan apa yang dilakukan orang lain, yang berfokus pada lebih banyak fitur yang mungkin tidak dibutuhkan audiens target Anda, Anda akan membangun produk Anda sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka yang sebenarnya. Itu akan menjadi inti dari desain produk Anda.

Jadi, pada dasarnya, semuanya bermuara pada fokus pada masalah pelanggan Anda yang sebenarnya, dan memberikan solusi yang efektif, dan menyediakannya dengan cara yang ramah pengguna. Kedua faktor tersebut adalah dasar dari pengalaman pelanggan yang baik. Tapi, itu hanya teori. Pada kenyataannya, ada banyak langkah dan tindakan yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya.

Untungnya, Anda dapat mengandalkan infografis keren ini, berkat Proessaywriting, yang memecah proses mengantisipasi kebutuhan pelanggan menjadi 8 langkah sederhana. Jika Anda tertarik untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan Anda pada saat yang sama, luangkan waktu sejenak untuk melihatnya.

8 Cara Terbaik untuk Mengantisipasi Kebutuhan Pelanggan Anda

1. Jangan Hanya Mendesain Produk, Selesaikan Masalah:

Inti dari proses berpikir produk adalah pemecahan masalah yang dimulai dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa masalah yang akan dibantu oleh produk untuk diatasi?
  • Untuk audiens apa Anda akan memecahkan masalah?

2. “Coba Sebelum Membeli” Masih Berfungsi dengan Baik:

Ingin membelanjakan uang Anda untuk produk yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya?

Bagaimana kalau mencoba produk tanpa kewajiban apapun?

Benar, itulah sebabnya 44 persen bisnis menawarkan uji coba gratis produk mereka.

  • 44% perusahaan menawarkan uji coba gratis
  • 18% menawarkan uji coba gratis selama 14 hari
  • 70% Pengguna uji coba aktif lebih cenderung membeli layanan berbayar jika mereka dihubungi oleh perwakilan penjualan daripada mereka yang tidak.

3. Kumpulkan Umpan Balik:

Komunikasi dengan pelanggan adalah jalan dua arah. Kumpulkan umpan balik dari pelanggan menggunakan alat seperti survei email, forum online, obrolan langsung, dan percakapan telepon. Semakin banyak informasi yang Anda kumpulkan, semakin baik Anda dapat melengkapi produk Anda untuk memecahkan masalah pelanggan.

4. Terbuka untuk Komunikasi:

Pelanggan adalah sumber pengetahuan terbaik untuk bisnis. Jadi gunakan setiap kesempatan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan Anda dan tentukan apa yang dicari dalam produk layanan Anda.

5. Memprediksi permintaan dengan mempelajari pelanggan:

Mempelajari kebutuhan dan perilaku pelanggan saat ini dapat membantu Anda memprediksi apa yang akan mereka cari di masa depan. Perhatikan pelanggan Anda yang kembali, dan mereka akan menunjukkan cara bagaimana Anda dapat meningkatkan produk Anda dan menjualnya untuk generasi pelanggan berikutnya.

6. Belajar dari Ulasan Online:

Ulasan online adalah sumber informasi terkait perbaikan yang sangat baik, jadi bacalah dan tanggapi setiap pelanggan secara profesional. Mengingat 90 persen pembeli online membaca ulasan online sebelum mengunjungi bisnis, ini adalah suatu keharusan.

  • 84% orang mempercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi
  • 74% konsumen mengatakan bahwa ulasan positif membuat mereka lebih mempercayai bisnis lokal
  • 90% pelanggan membaca ulasan online sebelum mengunjungi bisnis

7. Tentukan Pola Perjalanan Pelanggan:

Mempelajari perjalanan pelanggan menentukan pola tertentu yang menjadi ciri perilaku mereka. Misalnya, jika Anda melihat pola ketika audiens target Anda mencari produk yang Anda jual, pastikan untuk menganalisisnya. Pola seperti itu adalah kunci untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan.

8. Pekerjakan Orang yang Tepat:

Hanya karyawan berkualitas dengan pengalaman yang sesuai yang dapat memahami dan mengantisipasi kebutuhan audiens target Anda. Jelaskan dengan jelas bahwa layanan pelanggan adalah prioritas di perusahaan Anda, dan latih mereka sesuai dengan itu.

Apa Saluran Teratas untuk Perekrutan Berkualitas?

  • 48% Referensi karyawan
  • 46% Perusahaan pihak ketiga atau papan pekerjaan online
  • 40% Jaringan profesional sosial
  • 34% Perusahaan perekrut/staf pihak ketiga
  • 28% karyawan internal