Memahami Peran AI dalam Asuransi Kesehatan

lmu Komputer telah berkembang selama bertahun-tahun untuk melakukan banyak tugas pada tingkat yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan manusia. Mesin diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakan mereka. Kecerdasan Buatan (AI) dalam perawatan kesehatan adalah proses menyederhanakan kehidupan masyarakat dengan memprediksi dan mendiagnosis penyakit pada kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan kebanyakan profesional medis.

Selain AI dalam perawatan kesehatan, AI semakin banyak digunakan oleh industri asuransi kesehatan untuk pengalaman yang efisien dan bebas kesalahan. Belakangan ini, kata ‘AI’ atau Kecerdasan Buatan dengan cepat mendapatkan pengakuan di antara perusahaan asuransi untuk menyediakan rencana dan layanan asuransi kesehatan yang dibuat khusus dan disederhanakan.

Peran Artificial Intelligence (AI) dalam Asuransi Kesehatan

Ketika jarak antara perusahaan asuransi dan pelanggan berkurang menjadi nol dengan bantuan teknologi, terutama asuransi kesehatan digital, ada hubungan langsung antara perusahaan asuransi dan pemegang polis. AI telah mengubah cara perusahaan asuransi merancang rencana asuransi kesehatan dan membantu pemegang polis memanfaatkan layanan lebih cepat dibandingkan dengan asuransi tradisional.

Untuk menyediakan paket asuransi kesehatan yang akurat, instan, dan efisien bagi pemegang polis, AI digunakan oleh perusahaan asuransi untuk menyediakan paket asuransi kesehatan terbaik dan khusus bagi pelanggan. Disebutkan di bawah ini adalah berbagai peran yang dimainkan oleh Artificial Intelligence di sektor asuransi kesehatan:

Penggunaan Chatbot

Chatbots semakin menjadi bagian integral dari setiap organisasi, bahkan institusi kesehatan memanfaatkan teknologi ini. Karena kebanyakan orang memiliki akses ke Internet dan telepon pintar, lebih mudah menggunakan aplikasi obrolan untuk berinteraksi dengan dokter, rumah sakit, dan perusahaan asuransi. Ini tersedia 24×7, membuatnya lebih efektif daripada intervensi manusia. Ini menggunakan analisis sentimental dan pemrosesan bahasa alami untuk memahami permintaan pelanggan dengan lebih baik dan memberikan jawaban atas berbagai jenis pertanyaan yang terkait dengan klaim asuransi atau pemilihan produk asuransi.

Penyelesaian Klaim Lebih Cepat

Salah satu tantangan terbesar bagi pemegang polis dan perusahaan asuransi adalah waktu penyelesaian klaim asuransi kesehatan. Ini bisa jadi karena proses manual yang besar atau klaim palsu. Mengidentifikasi klaim asli secara manual membutuhkan waktu dan usaha. Namun, AI dapat memainkan peran utama di masa depan untuk mengurangi waktu penyelesaian klaim. AI dapat mengidentifikasi klaim penipuan, dan akan belajar dari data historis untuk meningkatkan efisiensi secara luas.

See Also:  3 Cara Terbaik untuk Menghemat Uang dengan Asuransi Kesehatan

Kebijakan Asuransi Kesehatan yang Dipersonalisasi

Penanggung dapat mengidentifikasi dan merancang rencana asuransi kesehatan untuk individu berdasarkan data historis dan kondisi kesehatan saat ini. Ini akan membantu perusahaan asuransi untuk memberikan rencana asuransi kesehatan yang sesuai daripada menawarkan paket asuransi kesehatan yang mungkin atau mungkin tidak digunakan secara efektif oleh pelanggan. Selain itu, pelanggan akan didorong untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan tidak membayar layanan kesehatan yang mungkin tidak mereka manfaatkan.

Penghematan biaya

Penanggung menggunakan AI untuk merekomendasikan kebiasaan dan perilaku sehat preventif kepada pelanggan seperti olahraga dan nutrisi, sehingga mengurangi biaya pengeluaran perawatan kesehatan yang dapat dicegah yang timbul karena kebiasaan tidak sehat.

Deteksi Penipuan

Para peneliti sedang mengembangkan mesin untuk menganalisis klaim asuransi kesehatan untuk memprediksi kasus penipuan. Ini juga membantu perusahaan asuransi untuk menyelesaikan klaim asli lebih cepat.

Penjaminan Lebih Cepat

Proses underwriting dalam asuransi kesehatan rumit dan memakan waktu. Namun, dengan kemajuan teknologi seperti teknologi smart wearable, perangkat seperti pelacak kebugaran dapat menyimpan dan menganalisis data besar dan berbagi hal yang sama dengan perusahaan asuransi. Dengan memanfaatkan data ini, perusahaan asuransi dapat menemukan cara baru untuk menanggung pelanggan secara berbeda. Perusahaan asuransi kesehatan dapat menghemat waktu dan biaya dengan memanfaatkan analisis prediktif oleh AI.

Apa itu Kecerdasan Buatan dalam Perawatan Kesehatan?

Kecerdasan Buatan dalam perawatan kesehatan adalah proses melakukan beberapa tugas terkait medis dengan kecepatan yang jauh lebih cepat, untuk memprediksi atau mendiagnosis penyakit/cedera secara efisien sehingga perawatan medis yang tepat diberikan kepada pasien. AI mampu mengumpulkan informasi, memprosesnya, dan memberikan output yang tepat kepada pengguna. Ini menghasilkan pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk mendiagnosis penyakit dan kesalahan, sehingga secara drastis mengurangi siklus diagnosis-pengobatan-pemulihan.

Misalnya: Jika Anda memilih untuk memilih konsultasi online dengan dokter, profesional atau organisasi kesehatan menggunakan ‘chatbots’ untuk mengumpulkan informasi dasar sebelum Anda dapat membuat janji dengan dokter. Ini membantu dokter memahami masalah sebelum dia memulai proses konsultasi. Dengan demikian mengurangi waktu untuk dokter dan pasien.

See Also:  Belanja Cerdas untuk Asuransi Pemilik Rumah

Manfaat Kecerdasan Buatan dalam Perawatan Kesehatan

Bahkan ketika industri perawatan kesehatan bergerak cepat menuju digitalisasi, pasti ada data besar yang dihasilkan dan dikumpulkan. Ini hanya akan menambah beban bagi profesional kesehatan, karena semakin banyak data mentah, semakin banyak pekerjaan. AI dapat membaca data ini untuk profesional kesehatan dan pasien serta memberikan wawasan berdasarkan data tersebut. Ini adalah metode yang lebih efisien untuk menilai penyakit. Disebutkan di bawah ini adalah manfaat AI dalam perawatan kesehatan

Keputusan Berdasarkan Pengamatan Klinis

AI mampu mengolah data dalam jumlah besar dan menyediakan data penting real-time yang dapat membantu mendiagnosis pasien dan menyarankan perawatan yang sesuai. Dengan menganalisis data pasien dan memberikan hasil dalam beberapa menit, ini berarti layanan kesehatan yang lebih baik dengan biaya lebih rendah. Contoh yang baik dari hal ini adalah perangkat diabetes atau gula darah, yang dapat menganalisis data alih-alih hanya membaca data mentah dan memberi tahu tren berdasarkan data yang diberikan, sehingga memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan segera atau korektif.

Peningkatan Aksesibilitas

Sementara negara-negara maju mampu menyediakan layanan kesehatan bagi sebagian besar penduduknya, negara-negara berkembang mungkin mengalami kesulitan. Hal ini disebabkan oleh ketertinggalan teknologi di bidang kesehatan yang berdampak pada turunnya indeks kesehatan negara masing-masing. Menjangkau perawatan kesehatan kepada orang-orang yang tinggal di sudut terpencil tentu saja merupakan tantangan dan prospek kekurangan perawatan kesehatan meningkat. AI dapat membantu mengurangi masalah ini dengan menciptakan sistem perawatan kesehatan yang efisien. Layanan kesehatan digital akan membantu menjembatani kesenjangan antara negara berkembang dan negara maju karena akan membantu penduduk untuk memahami gejala dan menerima perawatan yang diperlukan sesuai prioritas.

Ini Membantu Mengungkapkan Risiko Penyakit Dini

AI mampu menganalisis data medis besar pasien dan mengumpulkannya di satu tempat. Itu dapat menggunakan data untuk menganalisis masalah kesehatan sebelumnya dan sekarang. Dokter dapat menggunakan data untuk membandingkan dan membuat diagnosis yang akurat untuk memberikan perawatan yang tepat. Dengan data yang sangat besar di satu tempat, aplikasi perawatan kesehatan berbasis AI dapat menganalisis berbagai gejala, diagnosis, dan mungkin memprediksi penyakit yang dapat diderita seseorang di masa depan.

See Also:  Apakah Menggunakan Broker Asuransi Mobil Lebih Cepat Daripada Belanja Online?

Deteksi Dini Penyakit

Data seperti diagnosis, laporan medis, dan gambar dapat digunakan oleh AI untuk mendidik dirinya sendiri. Seiring berjalannya waktu, pembelajaran ini akan membantu mendiagnosis timbulnya penyakit dan memperingatkan pelanggan untuk mengambil tindakan pencegahan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi konsekuensinya.

Menghemat Waktu dan Biaya

Mengurangi waktu dan memudahkan proses untuk memeriksa dan mendiagnosis suatu penyakit adalah manfaat lain dari Kecerdasan Buatan. Alih-alih menunggu konsultasi dengan dokter untuk menilai penyakit Anda, AI akan dapat menganalisis dan memberikan masukan yang akurat kepada dokter, sehingga dokter dapat mengambil keputusan yang tepat, sehingga mengurangi waktu untuk memberikan perawatan dini. Dengan AI yang dapat membaca dan menganalisis penyakit, orang mungkin tidak perlu mengunjungi laboratorium yang berbeda untuk diagnosis.

Proses Penyederhanaan

AI dapat membantu mengurangi beban administrasi dokter dengan menyederhanakan janji, menerjemahkan catatan klinis, atau melacak catatan pasien dan rencana perawatan. Keuntungan AI dalam perawatan kesehatan ada beberapa karena menyederhanakan berbagai proses dalam waktu yang lebih singkat dan menyediakan data yang akurat.

Meningkatkan Pengembangan Obat

Mengembangkan obat terkadang membutuhkan banyak waktu dan bahkan bisa melewatkan tenggat waktu sebelum perusahaan farmasi dapat memberikan formula yang tepat. Namun, dengan AI, pengembangan obat tidak pernah lebih cepat dari sebelumnya. Ini membantu para ilmuwan fokus pada pengembangan obat yang menjanjikan dan relevan dengan persyaratan dalam pengobatan penyakit. Ini mengurangi waktu dan biaya dalam mengembangkan obat-obatan yang dapat menjadi penyelamat pada saat dibutuhkan.

Kesimpulan:

Kecerdasan Buatan dalam asuransi kesehatan sangat cocok untuk melakukan tugas-tugas yang umumnya dilakukan oleh manusia dengan kecepatan yang lebih rendah. AI mampu menganalisis dan mengevaluasi sejumlah besar data untuk merampingkan dan menyederhanakan prosedur asuransi kesehatan. Pengaruh Kecerdasan Buatan pada asuransi kesehatan akan mengurangi waktu dan menghemat biaya bagi pemegang polis dan perusahaan asuransi. Tugas berulang akan dilakukan oleh AI, sementara profesional asuransi dapat berkonsentrasi pada prosedur untuk merampingkan pengalaman pemegang polis. AI akan dapat menyederhanakan kehidupan pasien, rumah sakit, dokter, dan penyedia asuransi dengan melakukan tugas-tugas yang umumnya dilakukan oleh manusia, tetapi akan jauh lebih cepat dan hemat biaya.