Mengapa Ekuitas Merek Penting dan Bagaimana Mengukurnya Dengan Baik?

Pikiran mendasar di balik branding adalah untuk memungkinkan pelanggan mengenali produk yang sebanding oleh berbagai pembuat, dan bagian terpentingnya adalah meningkatkan visibilitas dan perhatian.

Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu, gagasan tentang Manajemen dan reputasi merek berkembang, dan sekarang kita dapat membahas ekuitas merek sebagai sesuatu yang sangat penting untuk estimasi merek apa pun. Ini pada dasarnya bagaimana pelanggan melihat sebuah merek, dan itu sejajar dengan total dari setiap koneksi mereka dan pertemuan mereka dengan merek, dan keinginan mereka darinya.

Merek-merek terkenal seperti Apple, Nike, atau Coca-Cola memiliki Manajemen reputasi merek yang solid, dan hal itu dapat dijadikan interpretasi atas kapasitas mereka untuk menarik pelanggan dan mempertahankan mereka. Seolah-olah, pelanggan akan selalu memilih merek yang mereka yakini daripada produk tidak bermerek atau pesaing.

Juga, menandai loyalitas menyiratkan bahwa pelanggan Anda tujuh kali lebih cenderung memaafkan Anda jika Anda melakukan kesalahan. Sebagai penutup, pelanggan akan membayar lebih untuk merek yang mereka inginkan, yang menyiratkan bahwa merek yang solid memiliki keuntungan dengan biaya yang lebih tinggi.

Macam Manajemen Reputasi Merek

Penting untuk diungkapkan bahwa ada dua jenis ekuitas merek – positif dan negatif. Biasanya, ekuitas merek yang positif menyiratkan bahwa pelanggan mempercayai merek tersebut dan bahwa mereka memiliki penilaian yang layak terhadapnya.

Pengakuannya secara signifikan memengaruhi keputusan mereka, karena mereka akan selalu memilih merek yang mereka terima akan menawarkan kualitas yang solid dan dapat diprediksi. Apple adalah hal utama yang membunyikan bel ketika kita mencari kasus ekuitas merek yang positif.

Kami secara keseluruhan ingat orang-orang yang menunggu dalam antrian panjang selama dua atau tiga jam hanya untuk dapat meletakkan tangan mereka di iPhone baru, dan penawaran yang tampaknya aneh ini gratis untuk semua menegaskan bahwa ada sesuatu yang melampaui kualitas dan rencana baru yang membuat itu sangat memikat.

Konsumen melihatnya sebagai sesuatu yang penting dan berharga, dan justru inilah hal yang meroketkan penghargaannya di seluruh dunia. Jelas, tanpa keraguan, semua produk Apple memiliki reputasi yang luar biasa dalam hal pelaksanaan dan harapan hidup mereka, dan itu adalah tahap permulaan.

Kemudian lagi, reputasi yang berubah warna mendorong ekuitas merek negatif, dan kasus terbaru dapat dilihat dalam bisnis otomotif. Tawaran Volkswagen, perusahaan otomotif Jerman, turun sejauh organisasi mengakui tes arus keluar yang menyimpang.

Menciptakan Ekuitas Merek

Tampilan ekuitas merek terdiri dari beberapa fase, dan dimulai dengan kesadaran merek

Tujuan dari poin ini adalah untuk mengenalkan merek dengan audiens targetnya menggunakan pertunjukan dan publikasi. Saat ini, platform media sosial secara efektif digunakan untuk meningkatkan visibilitas merek dan menyampaikan merek lebih dekat kepada konsumen mereka. Tahap kedua adalah pengakuan, dan motivasinya adalah memungkinkan pelanggan untuk mengenal merek dan mulai mengingatnya.

Sejak saat itu, pelanggan memilih untuk mencoba merek dan memeriksa kualitasnya, dan ini adalah pengaturan percobaan. Di situlah kualitas masuk karena pengenalan awal paling tahan lama, jadi jika pelanggan terpenuhi, mereka kemungkinan besar akan memilih merek yang sama sekali lagi.

Pada tahap ini, pelanggan juga mulai membentuk afiliasi merek berdasarkan pertemuan mereka dengan kampanye merek, perwakilan, administrasi klien, publikasi, dan berbagai elemen lainnya. Itulah alasan mengapa sangat penting bahwa merek merancang setiap kerja sama dengan pelanggan, media, pekerja, atau investor mereka untuk mengurangi kemungkinan afiliasi negatif apa pun yang dapat menghancurkan citra merek, dan dengan cara ini menandai ekuitas.

Kecenderungannya adalah tahap berikutnya, dan ini adalah saat ketika pelanggan memilih bahwa merek adalah keputusan favorit mereka, mengingat beberapa pertemuan dan kolaborasi positif yang mereka lakukan dengannya. Akhirnya, loyalitas adalah hasil dari perkembangan pertemuan yang positif, dan tidak hanya pelanggan setia akan selalu memutuskan reputasi merek tertentu, tetapi, mereka juga akan meresepkannya kepada orang yang mereka cintai.

Menilai Ekuitas Merek

Untuk mengetahui seberapa kuat citra Anda, membedakan kekurangannya, dan memperbaikinya, penting sekali untuk mengamati ekuitas citra Anda. Sebuah sistem yang dikenal sebagai pemeriksaan kesehatan ulasan merek dapat membantu Anda memahami apa yang dipikirkan oleh audiens target Anda, dan juga perwakilan Anda, tentang citra Anda.