7 Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kesehatan Kelompok

Pandemi membuat masyarakat semakin sadar untuk menjalani gaya hidup sehat. Takut dirawat di rumah sakit karena sakit dan meningkatnya biaya perawatan kesehatan telah mengakibatkan orang mencari asuransi kesehatan. Akibatnya, orang cenderung lebih memilih majikan yang menawarkan jaminan kesehatan. Pengusaha menyadari kebutuhan ini dan memberikan dukungan kepada karyawan mereka dalam bentuk Asuransi Kesehatan Grup yang mudah digunakan.

Asuransi Kesehatan Kelompok bagi karyawan dikenal dengan istilah Corporate Health Insurance atau Asuransi Kesehatan Karyawan. Polis Asuransi Kesehatan Grup semacam itu dibeli oleh pemberi kerja untuk karyawan mereka. Berikut ini ikhtisar pro dan kontra yang terkait dengan Asuransi Majikan-Karyawan tersebut.

Kelebihan Asuransi Kesehatan Kelompok

Tercantum di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari kebijakan tersebut.

1. Pertanggungan Gratis

Premi untuk Polis Mediclaim Grup dibayarkan oleh perusahaan atas nama karyawan. Dengan demikian, rencana tersebut tersedia gratis untuk karyawan.

2. Tidak Ada Masa Tunggu

Jika polis Anda memiliki masa tunggu, Anda harus ‘menunggu’ untuk hari yang telah ditentukan sebelum Anda diizinkan untuk mengajukan klaim untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya. Paket Asuransi Kesehatan Grup untuk Karyawan tidak memiliki masa tunggu karena penyakit yang sudah ada sebelumnya ditanggung sejak hari pertama polis.

3. Perlindungan untuk Anggota Keluarga

Polis Asuransi Grup untuk Karyawan memungkinkan Anda menambahkan anggota keluarga ke pertanggungan. Misalnya, Anda dapat memilih pasangan dan orang tua Anda untuk ditanggung oleh polis jika terjadi keadaan darurat medis.

See Also:  Tips Asuransi - Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

4. Pertanggungan Bersalin dan Bayi Baru Lahir

Keuntungan utama dari Skema Asuransi Grup untuk Karyawan adalah bahwa itu mencakup biaya yang berhubungan dengan kehamilan (persalinan dan perawatan medis terkait). Demikian pula, bayi yang baru lahir juga dilindungi hingga 90 hari.

5. Rumah Sakit Tanpa Uang Tunai

Perusahaan asuransi terkemuka yang menawarkan pertanggungan semacam itu memiliki ikatan dengan rumah sakit untuk proses penyelesaian klaim yang efisien. Karena ikatan seperti itu, tagihan rumah sakit diselesaikan dengan lancar antara perusahaan asuransi dan rumah sakit. Misalnya, ACKO memiliki lebih dari 5.000 Rumah Sakit Tanpa Uang Tunai.

6. Cakupan OPD

Perawatan rawat jalan juga tercakup dalam rencana tersebut. Oleh karena itu, perawatan di rumah sakit atau fasilitas penitipan anak sebagai pasien rawat jalan (tanpa rawat inap) ditanggung oleh polis sesuai dengan syarat dan ketentuan.

7. Perawatan Kesehatan Pencegahan dan Manfaat Ekstra

Tindakan perawatan kesehatan preventif membantu mencegah penyakit atau mengurangi intensitasnya. Penanggung memberi insentif inisiatif perawatan kesehatan preventif untuk membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat. Misalnya, Anda dapat melacak rutinitas kebugaran Anda menggunakan aplikasi ACKO dan membuka hadiah untuk mencapai pencapaian.

Paket Mediclaim Grup juga dilengkapi dengan daftar panjang manfaat tambahan. Misalnya, Paket Asuransi Kesehatan Perusahaan ACKO menawarkan manfaat tambahan dalam bentuk konsultasi jarak jauh dengan dokter spesialis dan memesan tes laboratorium dan obat-obatan menggunakan aplikasi ACKO.

See Also:  Cara Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Kekurangan dari Polis Asuransi Kelompok

Di bawah ini adalah beberapa kelemahan dari kebijakan semacam itu.

1. Takut Dihentikan

Dalam situasi di mana Anda diberhentikan oleh majikan Anda atau Anda memilih untuk meninggalkan perusahaan, Anda tidak akan lagi dilindungi oleh Kebijakan Kesehatan Grup. Dengan kata sederhana, Anda akan dilindungi oleh polis sampai saat Anda menjadi bagian dari grup, yang dalam hal ini sampai Anda menjadi karyawan perusahaan.

2. Pertanggungan yang Bergantung Pada Pemberi Kerja

Majikan Anda memiliki kekuatan untuk memilih perusahaan asuransi kesehatan, menentukan cakupan, dan memilih fitur dan manfaat lain dari rencana kesehatan. Dalam skenario seperti itu, ada lebih sedikit ruang lingkup untuk memenuhi kebutuhan spesifik individu. Dengan demikian, Anda adalah bagian dari pertanggungan umum yang sama untuk karyawan lain di perusahaan.

3. Kurangnya Kontrol

Karena pertanggungan dikendalikan oleh pemberi kerja, Anda sebagai karyawan/pemegang polis tidak memiliki banyak kebebasan untuk menyesuaikan rencana sesuai dengan keinginan Anda. Dalam kasus di mana kebebasan tertentu diperbolehkan, Anda mungkin diminta untuk membayar ekstra untuk itu. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan cakupan, Anda harus membayar premi yang berlaku dari kantong Anda.

4. Cakupan tidak Memadai

Cakupan yang ditawarkan oleh Corporate Health Plans mungkin tidak memadai untuk kota-kota metro di mana biaya rawat inap berada di sisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain.

See Also:  Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

5. Tidak Ada Manfaat Pajak

Karena Anda tidak membayar premi untuk membeli polis kesehatan, Anda tidak dapat memanfaatkan manfaat pajak berdasarkan pasal 80D Undang-Undang Pajak Penghasilan. Namun, Anda dapat memanfaatkannya jika Anda meningkatkan pertanggungan dan membayar pertanggungan tambahan.

6. Klaim Bisa Merepotkan

Secara historis, orang khawatir tentang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan klaim atau sejauh mana klaim akan diselesaikan. Perasaan ini dapat diperkuat dalam kasus Asuransi Kesehatan Karyawan karena bukan Anda yang memilih perusahaan asuransi kesehatan atau cakupannya. Proses penyelesaian klaim dapat merepotkan kecuali Anda dilindungi oleh perusahaan asuransi yang menawarkan cara klaim yang tidak repot. Misalnya, ACKO menawarkan proses penyelesaian klaim yang mulus, yang dapat dimulai melalui aplikasi. Ini tanpa kertas, nyaman, dan mudah digunakan.

7. Tidak Dapat Diandalkan untuk Perencanaan Keuangan Pribadi

Asuransi kesehatan adalah komponen penting dari manajemen keuangan pribadi. Karena kerugian yang disebutkan di atas, kebijakan Kesehatan Perusahaan tidak dapat diandalkan untuk perencanaan keuangan pribadi. Misalnya, karena polis tidak menawarkan pertanggungan berkelanjutan, atau menawarkan pertanggungan yang tidak memadai, menjadi sulit untuk memasukkannya ke dalam rencana keuangan tahunan. Secara komparatif, Anda memiliki lebih banyak kendali atas Rencana Kesehatan Individu. Paket Individu membantu dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik pada tingkat pribadi karena Anda dapat merencanakan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk asuransi kesehatan setiap tahun.